081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

Monday, December 18, 2017

Di Balik Pengolahan Nilai Siswa

Pembelajaran semester ganjil untuk tahun pelajaran 2017/2018 pun berakhir. Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) menutup rangkaian pembelajaran. Para siswa pun merasa senang karena "beban" pembelajaran semester ini telah usai.
Di Balik Pengolahan Nilai Siswa

Selesainya PAS/UAS menyisakan sejumlah catatan tersendiri bagi saya. Mulai dari pelaksanaan PAS hingga saat pengolahan nilai siswa. Berbagai status di media sosial pun mulai marak dituliskan para guru. Saya memilih menulis di sini daripada sekadar ikut-ikutan menulis status di media sosial.

Catatan paling awal yang saya dapati saat PAS/UAS adalah kesungguhan siswa. Saya menemui banyak siswa di beberapa ruang tes yang merasa pekerjaannya telah selesai meski waktu tes masih tersisa lama. Soal yang seharusnya dikerjakan dalam waktu 120 menit ternyata diselesaikan siswa hanya daam waktu kurang dari 90 menit. Begitu juga soal dengan alokasi waktu 90 menit sering dilahap habis oleh siswa hanya dalam waktu 60 menit.

Lantas, apakah dampaknya? Dampak yang jelas terlihat saat tes adalah suasana ruang tes yang mulai gaduh. Para siswa yang mencoba serius mengerjakan pun menjadi terpengaruh.  Dampak yang lebih terasa (bagi guru) yaitu ketika guru mengoreksi hasil tes siswa. Mengenai ini, kita tentu dapat mempredikasi hasil soal yang dikerjakan terlalu cepat.

Catatan selanjutnya adalah mengenai nilai siswa. Hal ini tidak lepas dari cara siswa mengerjakan saat tes. Sikap merasa sudah sempurna atau merasa sudah cukup puas menjadikan hasil tes tidak optimal. Dampak yang paling terasa yaitu saat pengolahan nilai. Tak heran jika para "pakar excel" pun harus mengeluarkan jurus-jurusnya.

Kedua catatan ini semestinya menjadi perhatian kita bersama. Para siswa mesti bersungguh-sungguh di waktu selanjutnya. Sehigga tidak akan didapati lagi nilai yang rendah atau sikap meremehkan tes. Usaha maksiml harus dilakukan untuk hasil yang terbaik di masa mendatang.

Wonogiri, 18 Desember 2017

2 comments:
Write comments

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?