081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

23.4.18

Belajar Motivasi dari Guru Wiyata Bakti


"Ngapunten, Pak. Saya masih WB. Bisa ikut gak?" sebuah pesan saya terima melalui aplikasi Whatsapp. Seorang ibu guru bertanya mengenai pelatihan menulis yang bakal saya gelar. Ibu guru ini mengatakan kalau sudah mendaftar, tapi harus menunggu insentif atau honornya turun untuk pembayarannya. Pesan ini seakan mengetuk keras pintu hati saya.



Saya pun memberi motivasi kepadanya bahwa yang penting konfirmasi bisa hadir dulu, pembayaran bisa dilakukan di lokasi pelatihan. Kebijakan ini memang hanya saya berikan secara khusus, mengingat kondisi menuntut demikian. Ibu guru itu pun dengan senang hati menjawab bakal hadir di pelatihan.


Tepat sembilan hari sesudahnya, ibu guru tersebut menghubungi lagi. Ibu guru itu menanyakan apakah ada guru WB (Wiyata Bakti/honorer) selain dirinya yang mendaftar pelatihan. Saya pun menjawab sekaligus memotivasinya, "Bu, tidak perlu membedakan honorer atau bukan. Monggo tetap berangkat, kita belajar bersama-sama."

"Nggih, Pak. Terima kasih atas motivasinya. Bismillah, demi ilmu yang bermanfaat," pungkasnya.

Dialog dengan ibu guru tadi seakan menampar saya. Mungkin juga kita semua. Status guru sering kali menjadi alasan untuk aktif atau tidak aktif dalam kegiatan pengembangan diri. Kita sering beralasan tidak bisa aktif karena status belum pegawai negeri. Tentu saja cerita tersebut menjadi jawaban, status tidak menjadi halangan untuk aktif dan berkarya.

Kisah ini harusnya juga mendobrak hati nurani para guru yang secara status "lebih mapan". Tak ada kendala yang berarti untuk berkarya bagi guru yang statusnya PNS, apalagi guru sertifikasi. Saatnya setiap guru "keluar dari zona nyaman" dan manfaatkan setiap rezekinya untuk mengembangkan profesionalismenya.

Salam literasi!





4 comments:
Write comments
  1. Subhanalloh....sangat menyentuh qolbu...antara idealita dan realita... terima kasih pak AD...super sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo menulis agar bisa menginspirasi lainnya, Mas!

      Delete
  2. Semangat yg bs menjadi contoh untuk kita semua....
    Khususnya saya....

    ReplyDelete

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?