081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

15.5.18

Sebait Pesan untuk Kalian

Lazimnya setiap pertemuan selalu diiringi dengan perpisahan. Begitu juga pertemuan guru dan siswa dalam pembelajaran. Perpisahan menjadi momen yang tidak dapat dihindari, baik itu berpisah karena sudah lulus, naik kelas, pindah sekolah, dan alasan lainnya.




Dua hari ini ternyata menjadi hari perpisahan bagi saya dengan tiga kelas VIII SMP yang saya ampu. Bukan karena mereka lulus, melainkan karena ini kali terakhir pembelajaran di kelas VIII. Pekan depan mereka bakal menghadapi penilaian akhir tahun (PAT), istilah baru untuk ulangan kenaikan kelas.

Bersama mereka selama satu tahun, tentu menyisakan banyak pengalaman berharga. Harus saya akui, mereka ini luar biasa. Berbagai tugas yang saya berikan dibabat habis, mulai dari tugas membuat model, membuat poster, membuat video kreatif, hingga menulis di blog.

Mereka juga mampu mewujudkan impian saya. Virus literasi yang saya sebarkan mereka sambut dengan baik. Gerakan satu siswa satu blog pun berhasil di tahun ini. Setiap siswa kini memiliki satu blog dengan subdomain sukanulis.net. Domain ini saya sewa untuk menyukseskan impian saya di bidang literasi ini.

Di akhir pertemuan ini, izinkan gurumu ini berpesan kepada kalian!

Pertama, tantangan kalian ke depan akan lebih berat dari kakak kelas kalian saat ini. Ujian nasional tiap tahun dirasa lebih berat. Maka, siapkan sejak sekarang. Tunjukkan kita telah belajar bersama dengan baik selama ini. Tunjukkan dengan prestasi gemilang tentunya.

Kedua, jaga semangat kebersamaan. Hilangkan sekat di antara kalian. Kalian adalah satu, masuk bersama, luluslah bersama! Jangan biarkan ada dendam, benci, iri, hasut di dalam hati kalian. Biarkan perbedaan menjadikan persahabatan kalian menjadi indah. Bersainglah secara sehat. Jangan saling menjatuhkan!

Ketiga, tentukan mimpi sejak saat ini. Mau jadi apa kalian nanti, mestinya sudah kalian tentukan saat ini. Lalu, buatlah jembatan yang menghubungkan kondisi saat ini dengan mimpi kalian nanti. Jembatan itulah wujud nyata usaha kalian.

Keempat, jadilah orang yang mewarnai negeri ini, bukan orang yang terwarnai berbagai pengaruh buruk. Jadilah generasi emas yang menorehkan prestasi gemilang, bukan generasi yang menjadi beban bangsa ini.

Terakhir, jaga iman dan pergaulan. Itulah yang menentukan kualitas kepribadian kalian. Pastikan juga kalian selalu menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama.

Salam dari gurumu yang membanggakan kalian semua,

Agus Dwianto

13 comments:
Write comments
  1. Terima kasih selama setahun ini sudah memberi sebuah warna dalam sebagian hidup kami pak

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bapak agus dwianto

    ReplyDelete
  3. Matur Suwun Pak Agus 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Deka..tetaplah berkarya! 😀

      Delete
  4. Terima kasih Bapak atas ilmunyaa. Bakal susah move on nih, hehe

    ReplyDelete
  5. Anonymous8/12/22 23:53

    If it’s a 24/7 operation that is required for maximum production charges, this is one of the best type of molding machine cash should buy. We have clients that run “lights out” without any personnel on-site outside Humidifiers of regular enterprise hours and weekends without any downtime. The life cycle of the hydraulic oil in a machine depends highly on the hours of use and the quality of the machine itself. We have seen some cases where the hydraulic oil turned extraordinarily contaminated in as little as 6 months of use on a competitors brand new machine.

    ReplyDelete

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?