081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

31.12.17

Bukan Sekadar Resolusi

Menjelang berakhirnya 2017 banyak ditemukan tulisan mengenai resolusi 2018. Resolusi merupakan pernyataan tertulis berisi target yang akan diraih di tahun tertentu. Jika disebut "resolusi 2018", tentu saja memuat target yang bakal dicapai di tahun itu.

Sembari menunggu datangnya rombongan kirab pengantin pagi ini, saya mencoba menulis mengenai resolusi. Satu tahun telah kita lewati, banyak yang dapat ditulis tentunya. Saya pun mencoba menentukan keyword atau kata kunci apa saja yang mendominasi perjalanan saya di 2017 ini. Saya pun menemukan kata-kata kunci itu, yaitu: pembelajaran, literasi, buku, komunitas dan organisasi guru, serta angka kredit.

Pembelajaran 2017

Awal 2017 yang lalu adalah titik balik perubahan mendasar dalam pembelajaran yang saya kelola. Setelah dua belas tahun mengajar di SMP Negeri 2 Paranggupito, saya pun mendapat kesempatan mengajukan mutasi ke SMP Negeri 1 Baturetno.


Pengalaman mengajar di sekolah yang baru ini ternyata luar biasa. Tentunya bukan bermaksud menafikan sekolah sebelumnya.  Semua pengalaman mengajar ini saya tuliskan di buku saya "Guru Desa Membelah Angkasa".

Literasi

Kata kunci berikutnya setelah pembelajaran adalah literasi. Tahun ini saya mendapat kesempatan dari pemerintah untuk mengikuti Workshop Literasi bagi Guru SMP Berprestasi. Kegiatan yang digelar di Batam ini menghadirkan guru-guru alumni berbagai lomba guru tingkat nasional.


Tak berhenti sampai di sini, saya pun terpilih menjadi finalis Diseminasi Literasi Nasional yang digelar Kemendiknud. Acara yang dilaksanakan di Jakarta Oktober 2017 lalu ini begitu berkesan bagi saya. Di ajang ini saya bisa belajar dari para guru penulis dari seluruh Indonesia.

Buku

Tahun ini menjadi awal bagi saya dalam dunia menulis buku. Buku perdana "Guru Desa Membelah Angkasa" bisa diterbitkan tahun ini. Buku ini pun sudah terkirim ke berbagai pelosok tanah air.


Buku kedua berjudul "Menjadi Ilmuwan Cilik" juga siap diluncurkan. ISBN buku ini sudah terbit Desember 2017 ini. Rencananya, awal 2018 buku kedua ini siap naik cetak dan dapat dinikmati pembaca.

Komunitas dan Organisasi Guru

Tahun ini saya mendapat kepercayaan menjadi ketua MGMP IPA SMP. Meski hanya ditingkat subrayon, yaitu gabungan tujuh kecamatan di daerah saya. Saya pun terus mencoba berbuat yang terbaik di amanah ini.


Lantas, bagaimana dengan organisasi profesi guru? Sampai dengan akhir tahun ini, saya masih memutuskan untuk tidak menjadi pengurus organisasi profesi mana pun. Saya memilih aktif di komunitas guru, tentu ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Angka Kredit

Sengaja saya tuliskan angka kredit sebagai salah satu kata kunci. Nilai angka kredit yang tidak sesuai harapan masih mewarnai perjalanan saya di 2017 ini. Tentu ini menjadi PR bagi saya.


Kiranya tidak ahsan jika saya tulis secara detail perjalanannya. Biarkan ini menjadi cambuk bagi saya agar bisa terus berkarya. Namun, prinsip saya masih sama, angka kredit bukan muara dalam berkarya. Biarkan itu sekadar nurturant effect dalam karya kita.

Inilah Resolusi 2018 Itu

Saya tak mau muluk-muluk berbicara mengenai resolusi 2018. Saya hanya ingin terus berkarya. Saya ingin mengajar lebih baik lagi. Saya hanya ingin terus bermanfaat bagi sesama. Saya ingin lebih dekat dengan keluarga. Saya ingin lebih serius dalam dunia penulisan dan blog.


Dalam dunia penulisan buku dan blog ada dua target yang saya pasang:

Pertama, mendirikan penerbit buku. Self publishing ke depan akan lebih saya tekuni. Salah satu impian itu adalah memiliki penerbit sendiri. Saya pun mulai mengumpulkan info terkait hal ini.

Kedua, saya ingin kembali menekuni blog saya. Domain SangPengajar.com harus "beranak" lagi. Setelah lahirnya http://kolom.sangpengajar.com/ harus lahir subdomain lainnya. Tentu dalam kerangka  entrepreneurship atau tepatnya teacherpreneurship.

Keduanya mewakili resolusi saya di 2018. Tentu saja bukan berarti tidak memiliki target lainnya. Target sebagai guru, sebagai ayah, sebagai suami, dan sebagainya. Semuanya telah tertata rapi. Semoga dimudahkan-Nya!

No comments:
Write comments

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?