081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

24.5.18

Siapkan, Kerjakan, Lupakan!

Hari ini hari keempat penilaian akhir tahun (PAT). Seperti biasanya, mata pelajaran IPA diujikan di hari keempat. IPA dijadwalkan jam pertama, sedangkan jam kedua diujikan mata pelajaran Prakarya.

Saya sempat penasaran seperti apa soal IPA yang diujikan hari ini. Hingga akhirnya salah satu rekan guru IPA menyodorkan soal beserta kunci jawaban untuk dicek. "Hemm...seperti ini soalnya," begitu yang ada di benak saya.
Soal yang diujikan saya lihat masih standar. Artinya, tingkat kesulitan masih terdistribusi normal. Ada yang sulit, sedang, dan mudah. Namun, harus saya akui ada soal yang belum saya temukan sebelumnya. Soal ini unik. Biasanya jenis bunyi ditandai dari frekuensinya, tapi di soal ini yang diketahui periodenya. Siswa dituntut memahami hubungan antara periode dan frekuensi.

Hubungan antara kedua besaran ini berulang kali saya sampaikan saat pembelajaran. Sering saya sedikit bercanda ke para siswa, "Besok kalau ditanya hubungannya, jangan jawab hubungannya baik-baik saja ya!"

Soal-soal yang dirasa sulit berasal dari bab keempat dan kelima. Kedua bab itu adalah mengenai getaran, gelombang, bunyi, dan cahaya serta alat optik. Memang kedua bab ini lebih rumit dari yang lainnya. Para siswa pun masih membahas soal-soal yang dirasa sulit itu di grup kelas.

Sebenarnya tes atau ujian itu sederhana. "Persiapkan, kerjakan, lupakan!" begitu saya menanggapi obrolan mereka. Jawaban yang dinilai membingungkan, sehingga saya tergerak untuk menuliskannya.

Persiapkan, artinya sebelum ujian atau tes hendaknya siswa mempersiapkan dengan maksimal. Pahami konsep yang sudah dipelajari, maka soal seperti apa pun tak akan dirasa sulit. Permasalahan yang sering muncul adalah siswa tidak mempersiapkan dengan baik. Waktu belajar malah digunakan untuk chating atau pun bermain smartphone tanpa arti.

Kerjakan, artinya saat ujian atau tes hadapi dan kerjakan dengan sungguh-sungguh. Gunakan tiap detik yang diberikan untuk mengerjakan soal. Jangan sisakan waktu, terlebih jika soalnya dirasa sulit. Jangan sampai merasa semua sudah benar, tanpa mau meneliti lagi.

Lupakan, artinya jika sudah selesai mengerjakan soal beralihlah ke persiapan pekerjaan lainnya. Itu lebih bermakna daripada menangisi kegagalan yang sudah dilakukan.

"Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)" (Al Insyirah:7)

Jadi, persiapkan, kerjakan, dan lupakan! Songsong kesuksesan selanjutnya!

2 comments:
Write comments
  1. Waw.. Ternyata maksud dari 'lupakan' adalah mempersiapkan diri untuk ujian lainnnya,, dan tidak menangisi kegagalan yg lalu.. Itu berarti,, saya yg belum memahaminya saja sbelumnya.. Hmm,, menenangkan hati :-)

    ReplyDelete

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?