081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

5.5.18

Catatan Guru di Akhir Semester

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Semester ini sudah berada di ujungnya. Artinya, sebentar lagi penilaian akhir tahun bakal digelar.

Obrolan dengan beberapa rekan guru siang tadi mengerucutkan satu kondisi yang sama-sama kami rasakan. Waktu pembelajaran bagi siswa tinggal beberapa pekan saja. Akhir bulan ini akan dilangsungkan penilaian akhir tahun. Kondisi ini menjadikan kami merasa berat ketika harus menyelesaikan "beban mengajar" di kelas.

Di saat seperti ini, tidak ada solusi yang dapat diambil kecuali mengajar dengan lebih cepat dari biasanya. Siswa biasanya akan kuwalahan dengan cara ini. Sebenarnya kondisi ini sebenarnya tidak perlu terjadi. Mengapa demikian?

Guru di awal tahun pelajaran telah menyusun perencanaan pembelajaran. Jumlah pekan efektif sudah diperhitungkan. Setiap guru sudah memetakan pembelajaran lengkap dengan alokasi waktunya. Seharusnya semua materi dapat diajarkan tepat waktu.

Namun, tidak semua siswa dapat mengikuti perencanaan guru. Sering kali guru disebut terlalu cepat mengajarnya jika "mengejar target" materi. Belum lagi berbagai agenda sekolah yang sering menyita waktu pembelajaran.

Kunci dari semua ini adalah kedisiplinan guru dan stakeholder sekolah terhadap kalender akademis dan rencana pembelajaran. Jika keduanya dipegang teguh, maka tak ada lagi guru yang merasa kehabisan waktu mengajar.
Cobalah!

No comments:
Write comments

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?