081-5678-1414-8

Kontak Kami

Menulislah mulai sekarang!

2.8.18

Menikmati CLBK

Istilah CLBK bukan lagi menjadi akronim yang asing bagi kita. Istilah ini lazimnya digunakan untuk menyebut berseminya kembali cinta lama. CLBK sering disebut sebagai kependekan dari Cinta Lama Bersemi Kembali. Ada juga yang menyebut Cinta Lama Belum Kelar.


Ternyata, istilah ini tidak hanya digunakan di jagad percintaan. CLBK juga ada di "kamus bisnis" khususnya bisnis online. Di dunia bisnis online memang dikenal banyak istilah, seperti COD (Cash On Delivery), PHP (Pemberi Harapan Palsu), BT (barter/tukar tambah), dan juga CLBK.

CLBK (Chat Lama Beli Kagak)
Istilah ini sering digunakan untuk menyebut para pembeli atau para konsumen yang banyak melakukan chat, tapi ujung-ujungnya tidak membeli produk. Saat melakukan chat, tampak serius. Namun, setelah ditunggu-tunggu akhirnya tidak segera deal atau bahkan kabur.


Fenomena ini hampir sama dengan istilah "Hit & Run". Bedanya, hit & run biasanya si konsumen sudah memesan, tapi tidak kunjung bayar. Sedangkan CLBK justru sekadar tanya-tanya saja tanpa ada eksekusi nyata.

Meski tidak melakukan bisnis online berupa jual beli barang, tapi saya juga turut merasakan CLBK ini. Di setiap even pelatihan atau workshop yang saya gelar, selalu ada saja rekan yang menanyakan even tersebut saat kuota sudah penuh. Bahkan ada yang merengek minta dimasukkan peserta padahal kuota sudah penuh, he he.

Padahal di setiap even, saya selalu share infonya jauh hari. Artinya, ada waktu cukup panjang untuk tentukan pilihan. Alhamdulillah, setiap even pelatihan atau workshop menulis yang saya gelar selalu dibanjiri peserta. Saya pun menyediakan web khusus info jadwal pelatihan di link jadwal.sangpengajar.com.

Semoga setelah ini tak ada lagi CLBK di antara kita. Salam literasi!

No comments:
Write comments

Punya tulisan yang ingin dimuat di web ini?. Hubungi kami di link ini:- http://bit.ly/SangPengajar
Mau langganan informasi?